Wednesday, March 3, 2010

Fenomena Facebook


"Facebook membantu anda terhubung dan berbagi dengan orang-orang dalam kehidupan anda"

pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan kalimat diatas?? kalau belom tahu saya akan menjelaskannya...
Itu adalah kalimat yang tertera pada halaman login suatu jejaring sosial kita sebut saja "FACEBOOK". Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard. Pemuda yang lahir di Dobbs Ferry, New York pada tanggal 14 Mei 1984 itu dikenal sebagai seorang programmer muda super inovatif.

Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki account di Facebook. Tidak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan semenjak diluncurkan, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya. Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa., Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail.
Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg beserta dua orang temannya memutuskan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa apartemen di sana. Setelah beberapa minggu di Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker (cofounder Napster), dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkan Facebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook.

Jumlah pengguna Facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Selain menolak tawaran dari Friendster, Zuckerberg juga pernah menolak tawaran dari Viacom seharga 750 juta US Dollar, dan tawaran dari Yahoo seharga 1 milyar US Dollar. Tawaran-tawaran yang diajukan dari berbagai pihak yang ingin membeli facebook bukanlah jumlah yang sedikit, tapi Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut. Tidak lama setelah itu Facebook menerima sokongan dana lagi sebesar 12.7 juta US Dollar dari Accel Partners. Dan semenjak itu sokongan dana dari berbagai investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook.

Bagaimana dengan perkembangan facebook di Indonesia?? Pengguna facebook di indonesia peringkat 7 terbesar di dunia. Indonesia dikatakan telah memiliki 11.759.980 pengguna Facebook. Indonesia berada di bawah Italia yang memiliki 12.581.060 pengguna dan berada di urutan ke-6.
Amerika Serikat masih menjadi pemasok warga Facebook terbesar sejagad dengan total pengguna sebanyak 94.748.820 pengguna. Disusul Inggris di posisi kedua dengan 22.261.080 pengguna. Sementara jika dilihat dari pertumbuhan tiap minggunya, Indonesia juga berhasil masuk 10 besar dalam daftar negara dengan memiliki pertumbuhan pengguna tercepat.
Total pengguna Facebook sendiri saat ini sudah menembus angka 325 juta user di seluruh dunia.
Berikut adalah daftar negara dengan pengguna Facebook terbesar di dunia:
Amerika Serikat 94.748.820
Inggris 22.261.080
Turki 14.215.880
Prancis 13.396.760
Kanada 13.228.380
Italia 12.581.060
Indonesia 11.759.980
Spanyol 7.313.160
Australia 7.176.640
Filipina 6.991.040
Dengan perkembangan yang begitu cepat,indonesia memang layak diperhitungkan didunia maya.

hanya sedikit yang bisa saya ceritakan tentang Booming nya facebook. kalau ada berita-berita tentang fabook saya akan posting lagi...
terimakasih atas perhatian nya kalo yang ga perhatian tolong lah perhatikan :P


SHARE&LEARN
IS

THE BEST WAY TO GET A LESSON

0 komentar:

Post a Comment