Monday, May 17, 2010

Search Engine


Search Engine adalah mesin pencari file-file yang ada pada komputer ataupun web seperti document, video, musik, atau bahkan hal-hal yang tidak kita ketahui dapat kita cari menggunakan search engine. Search Engine sangat dibutuhkan dalam penjelajahan di dunia maya. Search Engine bnyak jenisnya, diantaranya adalah google, yahoo, bing, ask, altavista, alltheweb, dan lain-lain. Mungkin masih ada yang belom tahu mengenai penggunaan karakter matematika dalam pencarian di search engine. karakter tersebut yaitu +, -, "".
saya akan memberikan contoh penggunaan karakter matematika tersebut:
(+)
saya ingin mencari artikel yang mengandung kata Search Engine
maka saya akan menuliskan pada mesin pencari +Search +Engine. dengan begitu mesin pencari hanya akan memuat hasil pencariannya yang mengandung kedua kata tersebut, apabila hanya salah satu dari kata tersebut maka mesin tidak akan menampilaknnya. karakter + dalam mesin pencari diartikan sebagai DAN symbol.

(-)
kali ini saya ingin mencari sebuah artikel yang didalamnya terkandung kata statistic penduduk Jawa kecuali Bogor. maka ketikan pada search engine +statistic +penduduk +jawa -Bogor. maka hasil yang akan di tampilkan pada search engine adalah Statistic Penduduk Jawa sedangkan kata artikel yg mengandung kata bogor tidak akan di tampilkan. tanda - pada search engine dibaca kecuali

("")
saya ingin mencari artikel di internet yang didalamnya terdapat kata Toshiba dan Satellite dan kata tersebut tidak dipisahkan oleh kata-kata yang lain. Ketik di search engine : "Toshiba dan Satellite" maka search engine yang bersangkutan akan
mencari kata Toshiba dan Satellite yang katanya tidak dipisah kan oleh kata-kata lain.
Apabila ada artikel yang mengandung kata Toshiba dan Satellite yang katanya dipisah kan
oleh kata-kata lain maka artikel tersebut tidak ditampilkan oleh search engine yang
bersangkutan.



Dan anda dapat juga menggabungkan ketiga karakter tersebut tersebut seperti contoh
berikut ini: +kuliah +"ilmu komputer" -bayar

Search engine akan mencari artikel di internet yang terdapat kata kuliah ilmu komputer
kata ilmu komputer tidak akan dipisah kan oleh kata lain dan tidak akan menampilkan
artikel tersebut bila terdapat kata bayar. Perlu di ingat bahwa penggunaan spasi untuk
memisah kan antara kata-kata yang kita cari, spasi tersebut akaan dibaca ATAU contoh
Ketik di search engine : ilmu komputer

Maka search engine akan menampilkan web yang mengandung kata ilmu atau komputer atau
yang mengandung kata kedua-dua nya.

Tidak semua search engine dapat menggunakan karakter matematika tersebut contoh di atas menggunakan google sebagai search engine. masih banyak lagi penggunaan karakter/symbol pada search engine seperti:
# Symbol bolean: bolean AND, bolean NOT, bolean OR dan bolean NEAR.
# Penggunaan Host
# Penggabungan symbol/karakter matematika: Mencari informasi berdasarkan format file (+ilmu +komputer filetype:pdf), Mencari informasi berdasarkan judul situs (title:judul situs), Mencari berdasarkan url (inurl:komputer)

saya menggunakan karakter tersebut pada search engine google. entah jika di pergunakan pada search engine lain seperti yahoo, bing, dan lain-lain akan menemukan hasil yang spesifik.

hanya sedikit yang bisa saya tulis pada artikel ini. mungkin pada tulisan yang saya buat ini terdapat kesalahan-kesalahan, harap di maklumi karena saya juga masih belajar. Terima Kasih

0 komentar:

Post a Comment